Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri memiliki delapan program studi. Program studi tersebut mencakup berbagai disiplin ilmu yaitu: Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Tadris IPA (TIPA), Tadris Bahasa Indonesia (TBINDO), Tadris Matematika (TM), dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berdiri pada tanggal 03 Maret 2017, sesuai dengan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1332 Tahun 2017.

VMTS Fakultas Tarbiyah berfungsi untuk menetapkan pedoman, arah, dan kebijakan fakultas sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, penyusunan VMTS Fakultas Tarbiyah disusun dengan jelas dan dilaksanakan dengan cara yang selaras dengan visi, misi, dan tujuan institusi, serta mampu mengakomodir visi keilmuan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Adapun strategi yang dilakukan dalam upaya pencapaian visi, misi, dan tujuan (VMT) Fakultas Tarbiyah antara lain: (1) mensosialisasikan VMTS secara internal dan eksternal. Sosialisasi internal melalui sambutan dekan, buku pedoman, pemasangan banner VMTS, seminar, workshop dan kuliah umum. Sosialisasi eksternal melalui sosialisasi kepada masyarakat melalui pengajian umum, sekolah/madrasah, website Fakultas Tarbiyah dan website IAIN Kediri, serta berbagai media sosial seperti Youtube dan Instagram; (2) melibatkan seluruh komponen lembaga yang meliputi pimpinan fakultas, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa  melalui tugas pokok dan fungsinya secara maksimal; dan (3) melakukan evaluasi secara periodik (tahunan).

  • Kebijakan

Berbagai kebijakan digunakan sebagai kerangka kerja dalam penyusunan, penetapan, evaluasi, sosialisasi, implementasi dan tindak lanjut VMTS guna mengakomodasi program pengembangan Fakultas Tarbiyah dan program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Kebijakan yang digunakan adalah sebagai berikut:

Kebijakan Eksternal

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang dirujuk Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) pada saat penyusunan VMTS.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  3. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 09 Tahun 2019 tentang Statuta Institut Agama Islam Negeri Kediri yang didalamnya terdapat VMTS perguruan tinggi yang diturunkan pada VMTS Fakultas serta Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Kebijakan Internal

  1. Buku Pedoman Penyusunan Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran IAIN Kediri sesuai Surat Keputusan Rektor Nomor 817 Tahun 2019
  2. Buku Pedoman Visi Misi Tujuan Sasaran Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri.
  3. Surat Keputusan Rektor No. 856 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Pengembangan Visi dan Misi IAIN Kediri, kebijakan tersebut memberikan arah bagi fakultas/pascasarjana dan prodi dalam mengembangkan, peninjauan kembali atau merevisi VMTS. Sehingga, VMTS IAIN Kediri, fakultas dan prodi bisa harmonis dan sejalan.
  4. Surat Keputusan Dekan No. 055 /ln.36/PP.00.9/06/2018 tentang TIM Perumus VMTS Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri.
  5. Surat Keputusan Dekan No. 683/In.36/PP.00.9/07/2018 Tahun 2018 tentang Penetapan VMTS Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri
  6. Surat Keputusan Dekan No. 025 Tahun 2021 tentang Penetapan VMTS Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAIN Kediri
  7. Surat Keputusan Dekan No. 026 Tahun 2021 tentang Evaluasi Penyusunan VMTS Manajemen Pendidikan Islam (MPI).
  8. Surat Keputusan Dekan No. 027 Tahun 2021, tentang Sosialisasi VMTS Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
  9. Surat Keputusan Dekan No. 028 Tahun 2021, tentang Tindak Lanjut VMTS Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
  10. Surat Keputusan Rektor No. 596 Tahun 2018, tentang Pemberlakuan Renstra Fakultas Tarbiyah
  11. Surat Keputusan Rektor No. 278 Tahun 2022, tentang Pemberlakuan Renstra Fakultas Tarbiyah

Seluruh kebijakan di atas telah disosialisasikan melalui:

  1. Website IAIN Kediri
  2. Website Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri
  3. Youtube Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri
  4. Instagram Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri
  5. Rapat dan Kegiatan Akademik
  6. Website Prodi MPI
  • Pelaksanaan

1.2.1    Mekanisme Penyusunan Visi Keilmuan dan Tujuan PS

Proses perumusan dan penetapan visi keilmuan dan tujuan Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri melibatkan partisipasi aktif berbagai pemangku kepentingan internal yaitu dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Selain itu, dalam penyusunan juga melibatkan pemangku kepentingan eksternal yaitu lulusan, pengguna lulusan, dan profesional/ahli/mitra/organisasi dari sektor pemerintah. Hal tersebut terlihat jelas melalui rangkaian kegiatan yang diuraikan di bawah ini:

Gambar 1.2.1 Skema mekanisme penyusunan visi Keilmuan

 

Berdasarkan tahapan penyusunan visi keilmuan Program Studi MPI, maka ditetapkan bahwa Visi Keilmuan Program Studi MPI adalah: Unggul, Kompetitif, dan Profesional dalam Mengembangkan Ilmu Manajemen Pendidikan Islam berbasis edupreneur dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan Visi keilmuan Program Studi MPI kemudian disosialisasikan melalui Website Prodi MPI.

1.2.2    Rumusan Visi Keilmuan

  1. Kesesuaian Visi Keilmuan dan Tujuan Prodi MPI dengan VMTS Fakultas Tarbiyah

Visi keilmuan dan tujuan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam sangat sesuai dengan VMTS Fakultas Tarbiyah dan IAIN Kediri. Visi yang telah dirumuskan saling mendukung dan terkait antara Visi Institusi, UPPS sampai kepada visi keilmuan Prodi. Perumusan yang saling mendukung dan saling terkait ini bertujuan untuk pencapaian kinerja Tri Dharma perguruan tinggi yang lebih baik.

Aspek keterkaitan visi keilmuan dan misi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri dapat dilihat dari Visi keilmuan Program Studi MPI yang mengimplementasikan visi umum Fakultas Tarbiyah dan IAIN Kediri. Kata kunci dapat dilihat dari visi IAIN Kediri yakni Menjadi Perguruan Tinggi Unggul Bertaraf Internasional dalam Pengembangan Keilmuan, Keislaman, dan Keindonesiaan sedangkan pada Visi Fakultas Tarbiyah yakni Menjadi fakultas yang unggul, kompetitif, dan profesional di tingkat Asia Tenggara di bidang ketarbiyahan, dan keguruan dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan pada tahun 2033. yang kemudian diimplementasikan pada visi keilmuan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yakni Unggul, Kompetitif, dan Profesional dalam Mengembangkan Ilmu Manajemen Pendidikan Islam berbasis edupreneur dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.